Islamic Communiation Strategy of Public Relations of Solok District in Disseminating Regional Development Iformation
DOI:
https://doi.org/10.53802/hikmah.v21i1.358Keywords:
Islamic Communication, Regional Development, GovernmentAbstract
This research aims to analyze the Islamic communication strategy implemented by the public relations department of Solok Regency. Emphasizing the social construction of reality through the social constructivism paradigm, this research focuses on understanding how these strategies are formulated. This research uses qualitative research methods with descriptive methods, examining public communication management and the dissemination of development information. The analysis uses descriptive qualitative methods, including the stages of data reduction, presentation, and conclusion drawing. The results revealed that it is important to understand local social and cultural dynamics in formulating effective communication strategies. The research reveals the importance of a broader stakeholder engagement approach to managing public and development communication in Solok District, which may include involving the general public, non-governmental organizations and the private sector. By encouraging such collaboration, this research argues that the effectiveness of public communication and community participation in development efforts can be significantly enhanced. This contribution highlights the need for inclusive communication strategies for successful development initiatives.
References
Ao, SH, & Huang, QS (2020). Kajian Sistematis Penerapan Dialog dalam Kehumasan Terhadap Platform Berbasis Teknologi Informasi Komunikasi: Membandingkan konteks Bahasa Inggris dan Bahasa Mandarin. Tinjauan Hubungan Masyarakat, 46(1), 101814. https://doi.org/10.1016/j.pubrev.2019.101814
Arcos, R. (2016). Intelijen Strategis Hubungan Masyarakat: Analisis Intelijen, Komunikasi, dan Pengaruh. Ulasan Hubungan Masyarakat, 42(2), 264–270. https://doi.org/10.1016/j.pubrev.2015.08.003
Arief, N. N., & Gustomo, A. (2020). Menganalisis Dampak Big Data dan Kecerdasan Buatan pada Profesi Komunikasi: Studi Kasus pada Praktisi Hubungan Masyarakat (PR) di Indonesia. Jurnal Internasional tentang Ilmu Pengetahuan Lanjutan, Teknik dan Teknologi Informasi, 10(3), 1066–1071. https://doi.org/10.18517/ijaseit.10.3.11821
Carter, P., Penyok, M., & Martin, G. (2019). Logika Hubungan Masyarakat yang Bertentangan dalam NHS Bahasa Inggris: Studi Kualitatif Komunikasi dan Keterlibatan. Penelitian Sosiologis Online, 24(3), 376–393. https://doi.org/10.1177/1360780419826112
Cronin, A. M., & Edwards, L. (2022). Resituating Politik Pekerjaan Perantara Budaya: Charity sektor Hubungan Masyarakat Komunikasi. Jurnal Studi Budaya Eropa, 25(1), 148–165. https://doi.org/10.1177/1367549421994239
Cuenca-Fontbona, J., Matilla, K., & Compte-Pujol, M. (2020a). Transformasi digital agensi Hubungan Masyarakat dan Komunikasi Spanyol. Profesional Informasi, 29(3). https://doi.org/10.3145/epi.2020.may.10
Cuenca-Fontbona, J., Matilla, K., & Compte-Pujol, M. (2020b). Transformasi Digital Departemen Hubungan Masyarakat dan Komunikasi Dari Sampel Perusahaan Spanyol. Jurnal Komunikasi, 19(1), 75–92. https://doi.org/10.26441/RC19.1-2020-A5
Dhanesh, GS, & Rahman, N. (2021). Komunikasi Visual dan Hubungan Masyarakat: Strategi Membangun Bingkai Visual dalam Cerita Perang dan Konflik. Tinjauan Hubungan Masyarakat, 47(1), 102003. https://doi.org/10.1016/j.pubrev.2020.102003
Doan, MA, & McKie, D. (2017). Investigasi Keuangan: Audit akun Penelitian Komunikasi dalam Bisnis, Hubungan Investor, dan Hubungan Masyarakat (1994–2016). Ulasan Hubungan Masyarakat, 43(2), 306–313. https://doi.org/10.1016/j.pubrev.2017.02.010
Erzikova, E., Perairan, R., & Bocharsky, K. (2018). Media Catching: Kerangka Konseptual untuk Memahami Mediatisasi Strategis dalam Hubungan Masyarakat? Jurnal Internasional Komunikasi Strategis, 12(2), 145–159. https://doi.org/10.1080/1553118X.2018.1424713
Halkier, B. (2017). Penggunaan Sains Duniawi Dalam Perspektif Teoritis Praktik: Pemahaman yang Berbeda Tentang Hubungan Antara Warga-Konsumen dan Inisiatif Komunikasi Publik Dibangun di Atas Klaim Ilmiah. Pemahaman Publik tentang Sains, 26(1), 40–54. https://doi.org/10.1177/0963662515596314
Johansen, W. (2017). Memahami dan Mempraktikkan Konsultasi Krisis: Sebuah Studi Tentang Hubungan Masyarakat dan Perusahaan Komunikasi. Jurnal Manajemen Komunikasi, 21(2), 106–123. https://doi.org/10.1108/JCOM-12-2016-0104
Lee, Y., & Kim, KH (2020). De-Motivasi Perilaku Komunikasi Negatif Karyawan di Media Sosial Anonim: Peran Hubungan Masyarakat. Ulasan Hubungan Masyarakat, 46(4), 101955. https://doi.org/10.1016/j.pubrev.2020.101955
Lo, Y.-Y., Huang, CJ, & Peters, H. P. (2019). Apakah Kepentingan Organisasi Mengganggu Komunikasi Publik Ilmu Pengetahuan? Studi Eksploratif Hubungan Masyarakat Organisasi Ilmiah di Taiwan. Sains, Teknologi, dan Masyarakat Asia Timur: Jurnal Internasional, 13(4), 557–574. https://doi.org/10.1215/18752160-8005617
Manley, D., & Valin, J. (2017). Meletakkan Dasar Untuk Tubuh Global Pengetahuan dalam Hubungan Masyarakat dan Manajemen Komunikasi. Ulasan Hubungan Masyarakat, 43(1), 56–70. https://doi.org/10.1016/j.pubrev.2016.10.018
Lumut, D., Kemungkinan, F., Sriramesh, K., & Ferrari, MA (2017). Struktur Departemen Hubungan masyarakat / Komunikasi: Temuan utama dari studi global. Ulasan Hubungan Masyarakat, 43(1), 80–90. https://doi.org/10.1016/j.pubrev.2016.10.019
Ngai, CSB, & Jin, Y. (2016). Efektivitas Strategi Komunikasi Krisis di Sina Weibo Sehubungan dengan Penerimaan Publik Tiongkok Terhadap Strategi Ini. Jurnal Komunikasi Bisnis dan Teknis, 30(4), 451–494. https://doi.org/10.1177/1050651916651907
Palenchar, MJ, Heath, R. L., Levenshus, A., & Lemon, L. (2017). Komodifikasi Pasar Komunikasi Risiko: Konsekuensi bagi Pembawa Risiko dan Implikasi untuk Hubungan Masyarakat. Ulasan Hubungan Masyarakat, 43(4), 709–717. https://doi.org/10.1016/j.pubrev.2017.05.005
Pressgrove, G., Janoske, M., & Haught, MJ (2018). Surat editor: Penelitian Baru dan Peluang dalam Hubungan Masyarakat dan Komunikasi Visual. Ulasan Hubungan Masyarakat, 44(3), 317–320. https://doi.org/10.1016/j.pubrev.2018.04.006
Roberson, T. (2020). Tentang perubahan sosial, agensi, dan kepentingan publik: Apa yang bisa dipelajari komunikasi sains dari hubungan masyarakat? Jurnal Komunikasi Sains, 19(02), Y01. https://doi.org/10.22323/2.19020401
Savič, I. (2016). Mediatisasi Perusahaan Sebagai Faktor Kekuatan Komunikasi Mereka dan Peran Baru Hubungan Masyarakat. Ulasan Hubungan Masyarakat, 42(4), 607–615. https://doi.org/10.1016/j.pubrev.2016.03.017
Servaes, J. (2016). Guanxi dalam Komunikasi Antarbudaya dan Hubungan Masyarakat. Ulasan Hubungan Masyarakat, 42(3), 459–464. https://doi.org/10.1016/j.pubrev.2014.10.001
Soehner, C., Godfrey, I., & Bigler, GS (2017). Komunikasi Krisis di Perpustakaan: Kesempatan untuk Peran Baru dalam Hubungan Masyarakat. Jurnal Kepustakawanan Akademik, 43(3), 268–273. https://doi.org/10.1016/j.acalib.2017.03.003
Tam, L., Kim, J.-N., Grunig, J. E., Hall, J. A., & Swerling, J. (2022). Mencari Keunggulan Komunikasi: Nilai Hubungan Masyarakat, Pemberdayaan, dan Struktur dalam Manajemen Strategis. Jurnal Komunikasi Pemasaran, 28(2), 183–206. https://doi.org/10.1080/13527266.2020.1851286
Tao, W., & Kim, S. (2017). Penerapan Dua Tipologi Yang Kurang Diteliti dalam Komunikasi Krisis: Etika Keadilan Vs Perawatan dan Hubungan Masyarakat Vs Strategi Hukum. Ulasan Hubungan Masyarakat, 43(4), 690–699. https://doi.org/10.1016/j.pubrev.2017.06.003
Toledano, M. (2018). Dialog, Komunikasi Strategis, dan Hubungan Masyarakat Etis: Pelajaran dari Aktivisme Politik Martin Buber. Ulasan Hubungan Masyarakat, 44(1), 131–141. https://doi.org/10.1016/j.pubrev.2017.09.009
VanDyke, MS, & Lee, NM (2020). Ilmu Hubungan Masyarakat: Lintasan Hubungan Masyarakat yang Paralel, Terjalin, Dan Kontras Serta Teori dan Praktik Komunikasi Sains. Tinjauan Hubungan Masyarakat, 46(4), 101953. https://doi.org/10.1016/j.pubrev.2020.101953
Yeo, SL, & Pang, A. (2017). Multikulturalisme Asia dalam komunikasi: Dampak budaya dalam Praktik Hubungan Masyarakat di Singapura. Ulasan Hubungan Masyarakat, 43(1), 112–122. https://doi.org/10.1016/j.pubrev.2016.10.014
Yudarwati, G. A., & Gregorius, A. (2022). Meningkatkan Komunikasi Pemerintah dan Memberdayakan Masyarakat Pedesaan: Menggabungkan Hubungan Masyarakat dan Pendekatan Komunikasi Pembangunan. Ulasan Hubungan Masyarakat, 48(3), 102200. https://doi.org/10.1016/j.pubrev.2022.102200
Yufriadi, F., & Syahriani, F. (2023). Fiqh Siyasah Meneliti Dinamika Pelaksanaan Peraturan Presiden tentang Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Pelalawan, Riau. Al-Qisthu: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Hukum, 21(2), 153–167.