The Influence of Classroom Management and the Use of Learning Media on Increasing Student Learning Motivation
DOI:
https://doi.org/10.53802/hikmah.v20i2.336Keywords:
Classroom Management, Learning Media, Learning MotivationAbstract
This study aims to determine the effect of classroom management and the use of learning media on student learning motivation at SDN Paseseh 01 Tanjungbumi Bangkalan Madura. Learning motivation is a very decisive factor in the educational process, influencing active participation and student enthusiasm. This research investigates the significant influence of effective classroom management and the use of appropriate learning media on student motivation. This research aims to provide insight into improving the quality of education by understanding these key factors. A quantitative approach was used by using questionnaires to collect data on grade VI students of SDN Paseseh 01 Tanjungbumi Bangkalan Madura. Data analysis included regression analysis to determine the extent of the influence of each variable on learning motivation. The research findings show that classroom management, and media use contribute significantly to students' motivation. The study highlights the theoretical and practical implications of these factors, emphasizing their role in creating a conducive learning environment and stimulating intrinsic and extrinsic motivation. The results of this study contribute to a broader understanding of educational practices that positively impact student motivation.
References
Adam, S. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X SMA Ananda Batam. Jurnal Sistem Informasi Berbasis Komputer , 3(2), 78-90.
Akmal, DK, D. Darmawan., & A. Wardani. (2015). Manajemen Pendidikan. IntiPresindo Pustaka, Bandung.
Aliyas, R., MI Ismail., & A. Maulana. (2019). Pengaruh Pengelolaan Pembelajaran dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam , 5(1), 46-60.
Aurora, A. & H. Effendi. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran E-Learning Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa di Universitas Negeri Padang. JTEV (Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional), 5(2), 11-16.
Bariyah, A., M. Jannah., & H. Ruwaida. (2023). Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu , 7(1), 572-582.
Bigmanto, RW (2020). Upaya Guru dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Melalui Pengelolaan Kelas Pada Mata Pelajaran Quran Hadis Kelas VIII di MTs. Al-Islam Joresan Tahun Pelajaran 2019/2020. Disertasi Doktor, IAIN Ponorogo.
Chan, F., AR Kurniawan., N. Herawati., RN Efendi., & JS Mulyani. (2019). Strategi Guru dalam Mengelola Kelas di Sekolah Dasar. Jurnal Internasional Pendidikan Dasar , 3(4), 439-446.
Darmawan, D.dkk . (2021). Perspektif Psikologis dalam Masyarakat 5.0 . Zahir Publishing, Jogjakarta.
Darmawan, D., R. Mardikaningsih., S. Arifin., EA Sinambela., AR Putra. (2021). Studi tentang Peranan Variabel Kompetensi, Penilaian Kinerja, dan Kondisi Kerja terhadap Perwujudan Kepuasan Kerja Guru. Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan , 9(2), 516-530.
Penjara, RL, & A. Sitepu. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Baik Terhadap Nilai Pendidikan Karakter Dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Penelitian dan Kritikus Internasional Budapest dalam Linguistik dan Pendidikan (BirLE) , 3(4), 1696-1703.
Hanipah, AD, TN Amalia., & DI Setiabudi. (2022). Urgensi Lingkungan Belajar yang Kondusif dalam Mendorong Siswa Belajar Aktif. Pendidikan: Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan , 2(1), 41-51.
Hung, CL, dan CC Penggemar. (2014). Persepsi Pengelolaan Kelas dan Motivasi Belajar Siswa IPS pada Siswa SMP Taiwan. Jurnal Penelitian Ilmu Sosial Eropa, 2(3), 40-51.
Isnaeni, N. & D. Hildayah. (2020). Media Pembelajaran Dalam Pembentukan Interaksi Belajar Siswa. Transformasi Sintaks Jurnal , 1(5), 148-156.
Standar, PT (2022). Menyelaraskan Pendidikan Akademis dan Moral dalam Membangun Masyarakat Berkarakter Unggul. Jurnal Suara Pengabdian, 45, 1(1), 71-83.
Kabalmay, SS & D. Andayani. (2014). Hubungan Kebutuhan Sosial, Kebutuhan Penghargaan, dan Semangat Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Pendidikan Indonesia , 1(1), 15–22.
Makmun, AS (2003). Psikologi Pendidikan . Bandung: Remaja Rosda Karya.
Mardikaningsih, R. & D. Darmawan. (2020). Sistem Pengendalian Mutu . Metromedia, Surabaya.
Nurmala, DA, LE Tripalupi., N. Suharsono., JP Ekonomi., & UP Ganesha. (2014). Pengaruh Motivasi Belajar dan Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi. Jurnal Pendidikan Ekonomi UNDIKSHA , 4(1), 1-10.
Pintrich, PR (2003). Perspektif Ilmu Motivasi tentang Peran Motivasi Siswa dalam Konteks Belajar dan Mengajar. Jurnal Psikologi Pendidikan , 95(4), 667.
Pujiman, P., R. Rukayah., & M. Matsuri. (2021). Penerapan Prinsip Manajemen Kelas dan Pengaruhnya Terhadap Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia): Jurnal Ilmiah Pendidikan , 7(2), 124-128.
Purwanti, D. (2015). Manajemen Kelas di Kelas V Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Danurejan Yogyakarta. Pendidikan Dasar , 4(4), 1-10.
Purwanti, S., T. Palambeta., D. Darmawan., & S. Arifin. (2014). Hubungan Metode Pembelajaran dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan , 8(1), 37-46.
Puspitasari, P., PSJ Putri., & W. Wuryani. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa IKIP Siliwangi Bandung. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), 227-232.
Saufi, IAM & MA Rizka. (2021). Analisis Pengaruh Media Pembelajaran Film Dokumenter Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran , 6(1), 55-59.
Sidjabat, BS (2021). Membangun Pribadi Unggul: Suatu Pendekatan Teologis Terhadap Pendidikan Karakter . PBMR ANDI.
Sunhaji, S. (2014). Konsep Manajemen Kelas dan Implikasinya dalam Pembelajaran. Jurnal Kependidikan, 2(2), 30-46.
Suwartini, S. (2017). Pendidikan Karakter dan Pembangunan Sumber Daya Manusia Keberlanjutan. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an , 4(1), 220-234.
Ini, TT, & HTT Nguyen. (2021). Pengaruh Gaya Manajemen Kelas Terhadap Motivasi dan Prestasi Akademik Siswa dalam Belajar Bahasa Inggris. Jurnal internasional pembelajaran, Penelitian Pengajaran dan Pendidikan , 20(1), 223-239.
Wahid, AH, C. Muali., & M. Mutmainnah. (2018). Manajemen Kelas dalam Menciptakan Suasana Belajar Yang Kondusif; Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Siswa. Al-Fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan , 5(2), 179-194.
Widianto, E. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran , 2(2), 213-224.
Widodo, T., I. Muhammad., R. Darmayanti., N. Nursaid., & DAL Amany. (2023). Manajemen Keuangan Pendidikan Berbasis Digital: Sebuah Kajian Pustaka. Jurnal Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Indonesia , 1(2), 146-167.
Yanti, Y. & D. Darmawan. (2016). Pengaruh Kompetensi Guru dan Lingkungan Belajar terhadap Hasil Belajar melalui Motivasi Belajar Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Indonesia , 2(4), 269-286