Manajemen Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.53802/hikmah.v19i2.370Keywords:
Learning Management, Learning Achievement, Islamic EducationAbstract
Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) berperan penting dalam menghasilkan peserta didik yang berprestasi. Untuk mencapai tugas mulia ini, dibutuhkan guru PAI yang berkualitas, dengan manajemen pembelajaran yang baik sebagai kunci utama. Penelitian ini bertujuan memberikan kontribusi teoritis bagi para pendidik, khususnya kepala sekolah dan guru PAI di SMKN 1 Kalosi, Kabupaten Enrekang, untuk meningkatkan prestasi belajar melalui manajemen pembelajaran. Fokus penelitian mencakup pelaksanaan manajemen pembelajaran, hasil prestasi peserta didik setelah penerapan manajemen tersebut, serta faktor pendukung dan penghambatnya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan penelitian termasuk kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru-guru PAI, dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pembelajaran guru PAI meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Manajemen ini terbukti meningkatkan hasil belajar di ranah kognitif, psikomotorik, dan afektif. Faktor pendukung internal adalah minat dan motivasi peserta didik yang tinggi, sementara faktor eksternal mencakup hubungan harmonis antara guru dan peserta didik, hubungan baik antara guru dan orang tua, serta sarana dan prasarana yang memadai.
References
Admodiwiro, S. (2000). Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta: Ardadizya Jaya.
Arikunto, S. (2006). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Bella, Maulina Amana, M ihsan Dacholfany, and Marzuki Noor, ‘Peran Kepala Sekolah Sebagai Manager dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sd Aisyiyah Poncowati’, Poace: Jurnal Program Studi Adminitrasi Pendidikan, 3.2 (2023), 149–59 <https://doi.org/10.24127/poace.v3i2.4115>
Depdiknas, Panduan Pengembangan Silabus Mata Pelajaran PAI (Jakarta: Ditjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, 2006)
Eriyani, Eriyani, and Sutriyono Sutriyono, ‘Evaluasi Implementasi Program Sekolah Dasar Standar Nasional (SDSN) di Sekolah Dasar Negeri Kabupaten Temanggung’, Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 2.2 (2015), 151 <https://doi.org/10.24246/j.jk.2015.v2.i2.p151-161>
Echols, J. M., & Shadily, H. (2006). Kamus Inggris Indonesia (Cet. XIX). Jakarta: PT Gramedia.
Fauzi, Ahmad. (2014). Manajemen Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.
Keputusan Menteri Agama (KMA) Republik Indonesia No. 211 Tahun 2011 .
Muhaimin. (2005). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah, dan Peguruan Tinggi (cet. I). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Mujib, A. (2006). Kepribadian dalam Psikologi Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Nata, A. (2011). Perspektif Islam tentang strategi pembelajaran (Cet. II). Jakarta: Kencana.
Nazarudin. (2007). Manajemen Pembelajaran: Implementasi Konsep, Karakteristik dan Metodologi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Umum. Yogyakarta: Teras.
Purwanti, E., dkk. (2002). Perkembangan Peserta Didik . Malang: UMM Press.
Purwanto, M. N. (2003). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosadakarya.
Rusman. (2010).Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru . Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sardiman, A. M. (2001). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar . Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Strauss, A., & Corbin, J. (2007). Dasar-Dasar Penelitian Kualitatif . Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.
Suryosubroto. (2005). Tata Laksana Kurikulum . Jakarta: Rineke Cipta.
Syafi’i, Ahmad, Tri Marfiyanto, and Siti Kholidatur Rodiyah, ‘Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa dalam Berbagai Aspek dan Faktor Yang Mempengaruhi’, Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2.2 (2018), 115–23
Tim Penyusun, (1995). Kamus besar bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka Depdikbud.
Tim Penyusun, Manajemen pendidikan . Bandung: Tim Dosen Administrasi Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia, Alfabeta.
Tohirin. (2008). Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Berbasis Integrasi Dan Kompetensi). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Undang-Undang RI. Nomor 14 Tahun 2005, Guru dan Dosen dan Undang-Undang RI. Nomor 20 Tahun 2003, SISDIKNAS dan Peraturan Pemerintah RI. No. 19 Th 2005 SNP . Surabaya: Wacana Intelektual.
Uno, H. B. (2009). Profesi kependidikan: Problema, solusi, dan reformasi pendidikan di Indonesia (Cet. IV). Jakarta: Bumi Aksara.
UU RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas. Bandung: Citra Umbara.
Yasin, M. F., & Abdulkarim, R. (2005). Kompetensi Mengajar Guru PAI di Sekolah Menengah Atas . Gorontalo: IAIN Sultan Amai.